Jumat, 07 Juni 2013

a. Satuan panjang

Satuan standar untuk besaran panjang adalah meter. Satu meter di tetapkan sebagai 1.650.763, 73 kali panjang gelombang cahaya yang di pancarkan oleh gas krypton-86 dalam ruang hampa.

Kemudian pada tahun 1983 definisi satu meter di ubah lagi, yaitu satu meter adalah jarak yang di tempuh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299.792,458 sekon.

b. Satuan massa

Secara internasional satuan untuk massa adalah kilogram. Satu kilogram adalah massa dari sebuah kilogram standar yang terbuat dari silinder platina irridium,massa suatu benda adalah banyaknya zat yang terkandung di dalam benda tersebut. Untuk mengukur massa suatu benda di gunakan alat ukur seperti neraca pasar, neraca o’hause, neraca tiga lengan, neraca langkan, dan neraca elektronik. Massa satu kilogram standar sama dengan massa satu liter air murni pada suhu 4 .

Dalam kehidupan sehari-hari, massa benda sering di sebut dengan berat benda. Di dalam fisika, kita harus dapat membedakan antara massa benda dengan berat benda. Massa mempunyai satuan gram atau kilogram, sedangkan berat mempunyai satuan gram-gaya (di singkat gf) atau kilogram-gaya (di singkat kgf).

Satuan kilogram gaya setara dengan satuan Newton, yang di gunakan sebagai satuan untuk gaya atau berat. Berbeda dengan pengertian berat, maka massa benda adalah tetap di manapun benda itu berada.

Gambar neraca tiga lengan:

Gambar neraca elektronik:

Gambar neraca o’hause:

Neraca pasar:

c. Satuan waktu

Berdasarkan sistem internasional, satuan waktu adalah detik atau sekon. Orang menggunakan satuan waktu standar yang lebih tepat yaitu dengan menggunakan jam atom,sehingga di definisikan bahwa satu sekon adalah selang waktu yang diperlukan oleh atom cesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali.

Posted by Unknown On 23.45 1 comment

1 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Blogger news

    Blogroll

    About